Sunday 15 July 2018

Silsilah Peradaban Hindu Petak 8 Sumbermanggis





Halo sahabat Hindu, disini saya akan membahas mengenai silsilah peradaban umat hindu yang ada di petak 8 Sumbermanggis secara singkat. Cerita ini saya dapatkan hasil dari wawancara Bapak Suwono selaku Ketua RT petak 8 beragama Hindu di acara Sadana Camp yang dilaksanakan oleh peradah Banyuwangi.
 Minggu 8-10 Juni 2018, organisasi peradah Banyuwangi mengadakan kegiatan sadana camp yang dilaksanakan di petak 8 Dusun Sumbermanggis, Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi. Petak 8 memiliki peradaban umat Hindu yang terletak di tengah hutan kaki Gunung Keraton yang memiliki banyak misteri dan peninggalan benda bersejarah. Tahun 1965, pertama kalinya dibuka lahan untuk mendirikan sebuah pura umat Hindu petak 8 memiliki tempat ibadah sendiri. Pembangunan tersebut dilaksanakan oleh para leluhur petak 8 yang beragama Hindu. Kondisi pura saat itu, masih berupa padma sari dan dilindungi pagar yang terbuat dari bambu (betek). Namun, pada tahun 1988 umat hindu petak 8 mengalami pasang surut dalam menjalankan ibadah di pura. Jarang sekali umat hindu yang mau bersembayang dan mengikuti upacara agama. Hal ini dikarenakan rendahnya pengetahuan tentang cara bersembahyang dan ajaran-ajaran Hindu. Mendengar hal ini, bapak Saiman selaku kepala Dusun Sumbermanggis dan beragama Hindu, datang untuk memberikan motivasi dan mengajarkan ajaran-ajaran hindu untuk menumbuhkan srada dan bakti terhadap ajaran agama hindu. Seiring berkembangnya waktu, pada tahun 2005 umat hindu dari Bali memberikan donatur untuk membangun pura. Setelah itu ditemukanlah tempat untuk mendak tirta yang bertempat disekitar Gunung Keraton yang kemudian disebut dengan sumber beji. Sumber beji ini merupakan sumber mati air yang dulunya digunakan untuk air minum dan kebutuhan sehari-hari masyarakat petak 8. Disekitar wilayah gunung Keraton banyak ditemukan benda-benda bersejarah yang ditemukan oleh umat hindu petak 8 sendiri , seperti Bajra, gong, kempul, saron, piring berlapis emas, dan masih banyak lagi benda bersejarah lainnya. Benda tersebut ditemukan dalam kondisi masih utuh dan ada yang sudah berkarat. Saat ini keadaan benda tersebut masih dirawat oleh umat hindu di petak 8. Adapun penemuan sebuah padmasari di lereng Gunung Keraton dan ada pohon beringin besar yang dipercayai ada seseorang yang sedang bersemedi didalamnya. Saat ini jumlah umat hindu dipetak 8 berjumlah 22 KK. Ini masih lebih sedikit dari pada umat lain seperti umat Islam dan Kristen. 



Nb: yang penasaran silahkan datang ya, mari kita melihat perkembangan agama Hindu dipelosok tengah-tengah Hutan Sumbermanggis..👦

No comments:

Post a Comment